Sabtu, 10 Oktober 2015

Cerita Petugas Pemadam Kebakaran Hutan 'Berebut' Air dengan Ular dan Beruang

Cerita Petugas Pemadam Kebakaran Hutan Berebut Air dengan Ular dan Beruang
Hampir tiap tahun, hutan di sejumlah kabupaten di Provinsi Riau terbakar. Pemadaman menjadi agenda rutin. Banyak cerita terkait kegiatan itu. Misalnya, petugas pemadam yang berebut air dengan ular dan beruang atau hewan buas lain. Hah?

Kepala Bidang Damkar Siak, Riau, Irwan, mengaku tak asing dengan hewan buas. Bisa bertemu harimau, beruang, dan satwa liar lainnya. Sebagaimana diketahui, satwa juga merasa terganggu dengan adanya kebakaran lahan. Habitat mereka rusak.

Pertemuan paling sering antara tim pemadam dan satwa liar yakni di kawasan kanal. Di sanalah, tim Damkar dan satwa liar saling berebut air. Damkar butuh air untuk memadamkan, sedangkan satwa butuh air untuk minum.

"Kita kasihan liat satwa yang terusik akibat kebakaran lahan. Kadang kalau ular atau beruang lagi minum, kami mengalah sejenak. Kita biarkan dulu mereka minum, setelah itu baru tim masuk untuk sedot air," kata Irwan kepada detikcom, Kamis (6/8/2015).

Kadang, tim menemukan kura-kura berjalan. Biasanya kura-kura akan muncul saat air kanal kering. Mereka menyelamatkan diri dengan tertatih-tatih.

"Pernah betemu harimau dari jarak jauh. Satwa itu lagi minum di kanal gambut," kata Irwan yang merawat macan akar atau kucing hutan korban kebakaran hutan ini.

Biarpun tim pemadam dan satwa liar saling bertemu, tak terjadi hal buruk. Seolah antara mereka bisa bicara dari hati ke hati. Mungkin itu, menurut Irwan, pentingnya tim pemadam doa saling menghormati antara manusia dan binatang buas sebelum pemadaman dilakukan.

"Kami yakin, binatang buas juga tahu kalau kami masuk hutan bukan untuk mengganggu mereka. Tapi kami datang untuk menyelamatkan semuanya. Alhamdulillah sudah lama bekerja memadamkan kawasan hutan, kami belum pernah diganggu, dan kami juga tidak akan mengganggu," tutup Irwan.

Hutan di Siak diduga dibakar secara sengaja oleh petani atau perusahaan yang akan membuka lahan. Para pelaku sudah berulang kali ditangkap, tapi sepertinya mereka tidak jera. Alhasil, kebakaran terus terjadi. Itu artinya, Irwan dan tim pemadam akan rutin bertemu satwa liar di sela tugas.

(detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar