Jumat, 14 Agustus 2015

Tips Selfie Aman di Tempat Wisata

 Selfie memang lagi digandrungi semua kalangan. Namun kadang penggila selfie kurang waspada saat menyalurkan hobinya itu. Seperti kejadian mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang terjatuh ke kawah Merapi usai selfie di puncak gunung. Belum lagi kabar tewasnya seorang pelajar di Madiun setelah selfie di rel kereta yang tersambar kereta.
Ada baiknya untuk selalu waspada saat melakukan selfie. Alih-alih ingin mengabadikan momen, malah malapetaka yang didapat. Terlebih melakukannya di tempat wisata ekstrem. Berikut tips ber-selfie agar terhindar dari malapetaka seperti dilansir theguardian.com, beberapa waktu lalu, diantaranya:
Lihat kondisi alam
Sebaiknya melihat kondisi merupakan cara pintar agar terhindar dari kecelakaan di saat mengambil foto selfie. Memang, melihat keindahan pemandangan yang ada di depan mata, kadang Anda lupa kondisi tersebut, seperti tebing yang curam, hutan yang rimbun, atau binatang buas yang setiap saat mengintai. Pastikan bahwa lokasi itu aman, barulah melakukan selfie sepuasnya.
Perhatikan cuaca
Kondisi cuaca yang buruk menjadi faktor terjadinya kecelakaan saat melakukan selfie. Sebut saja misalnya kondisi licin, terik matahari, dan suhu dingin. Tidak hanya beresiko, tapi mempengaruhi hasil bidikan. Sebaiknya persiapkan secara teliti, jika memang menemui cuaca seperti ini.
Patuhi larangan
Biasanya tempat wisata alam memiliki papan-papan larangan sebagai petunjuk untuk wisatawan. Tapi kadang sebagian orang tidak mengindahkan peringatan itu, sehingga kecelakaan saat melakukan selfie bisa saja terjadi. Karena itu patuhi peringatan atau larangan yang ada demi keselamatan Anda.
Bersikap sewajarnya
Pemandangan alam yang begitu indah dan menakjubkan kadang membuat lupa bahkan kadang Anda melakukan hal-hal yang berlebihan saat selfie. Sebaiknya tetaplah berlaku sewajarnya saja, jangan terlalu lebay dan tetap mengendalikan diri, sehingga terhindar dari ancaman marabahaya.
Mawas diri
Memang, kegiatan selfie kerap dijadikan wadah untuk mengekpresikan diri. Tapi, ada baiknya Anda tetap mawas diri saat berada di tempat wisata. Apalagi tempat wisata yang ekstrem.
sumber: Topik9.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar