Minggu, 03 April 2016

Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur Bergeser 9 Cm Saat Gempa 2015


Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur Bergeser 9 Cm Saat Gempa 2015 Foto: Dok. Kementerian PUPR
Gempa yang mengguncang  Kota Ambon, Maluku, akhir Desember tahun lalu sempat membuat posisi Jembatan Merah Putih bergeser. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, jembatan terpanjang di Indonesia Timur itu bergeser 9 centimeter (cm) akibat gempa bumi.

Meski sempat bergeser, Basuki mengatakan, kondisi jembatan masih aman karena pergesaran belum melewati batas toleransi yaitu 30 cm.

"Waktu gempa kemarin geser 9 cm, sementara kalau batas toleransi persisnya 30 cm. Jadi masih aman," ujar Basuki di lokasi peresmian Jembatan Merah Putih, Ambon, Provinsi Maluku, Senin (4/4/2016)

Basuki menambahkan, Maluku memang masuk dalam zonasi gempa bumi. Namun, situasi itu tak akan mempengaruhi Jembatan Merah Putih karena telah dirancang tahan gempa.

Selain itu, Komite Jembatan dan Terowongan Kementerian PUPR juga sudah menyatakan jembatan ini tetap aman meski terjadi gempa

"Desain jembatan memang untuk  tahan gempa. Ada semacam rel, jadi kalau gempa jembatannya geser sendiri. Selain itu juga sudah diuji, ada kemarin 48 truk muatan penuh berjejer." terang Basuki.(dtc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar