Jumat, 29 April 2016

Relawan BPBD Perlu Diberikan Asuransi Keselamatan


LATIHAN: Sejumlah relawan BPBD Kudus latihan penyelamatan di dalam air bersama masyarakat di Embung Ngemplak, Kecamatan Undaan Kudus belum lama ini. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)
LATIHAN: Sejumlah relawan BPBD Kudus latihan penyelamatan di dalam air bersama masyarakat di Embung Ngemplak, Kecamatan Undaan Kudus belum lama ini. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)
 Kinerja relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus memang penuh dengan berbagai resiko yang menyangkut keselamatan jiwa, namun justru mereka melakukan semuanya ini dengan penuh sukarela. Bahkan ada kecenderungan keberadaan relawan banyak membantu masyarakat, tidak hanya di bidang kebencanaan saja melainkan juga bidang sosial.
Oleh karena itu keberadaan mereka perlu didukung dengan pemberian asuransi keselamatan yang selama ini memang belum dimiliki oleh para relawan tersebut.
Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan saat ditemui kemarin menjelaskan, hal tersebut sebenarnya sampai saat ini memang masih menjadi angan – angan dan masih dalam wacana. “Kami sudah pernah membahas hal tersebut, hanya saja belum diketahui melalui mekanisme yang mana,” katanya.
Pihaknya juga mengapresiasi kinerja relawan BPBD Kudus yang sudah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, hanya saja mereka belum memiliki asuransi tersebut. “Persoalan ini masih menjadi agenda kami dan berharap ada solusi yang tepat,” terangnya.
Terkait dengan keberadaan berbagai macam program jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan, apakah mereka bisa diikutkan dalam program tersebut. Pihaknya belum memahami soal itu. “Pada prinsipnya asuransi tersebut disesuaikan dengan tingkat resiko tugas dari para relawan,” paparnya.
Mengenai jaminan keselamatan dari para relawan selama ini, Bergas hanya menjelaskan selama ini mereka sudah cukup terlatih, bahkan beberapa diantara dari relawan sudah memiliki keahlian yang kompeten sehingga bisa meminimalkan segala bentuk resiko yang dihadapi.
“Selama ini resiko kecelakaan bisa diminimalkan, namun sejatinya asuransi keselamatan tetap memiliki manfaat bagi para relawan,” katanya.
(SM Network)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar