Minggu, 26 Juli 2015

Tim SAR Gunung Kidul Minta Jet Ski

Tim SAR Gunung Kidul Minta Jet Ski  
Pantai Sundak, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. ANTARA/R. Rekotomo
 
  Tim Search and Rescue (SAR) Kabupaten Gunung Kidul mendesak Pemerintah Kabupaten dan Provinsi DI Yogyakarta segera melengkapi kebutuhan armada jet ski yang sampai saat ini masih sangat minim.

Koordinator tim SAR Gunung Kidul, Sunardi, kepada Tempo menuturkan, jet ski itu dibutuhkan karena karakter gelombang laut selatan di Gunung Kidul yang sangat kuat. Gelombang laut itu membuat upaya evakuasi korban hanyut atau tenggelam sulit dilakukan.

"Meski tak menjamin bisa menyelamatkan wisatawan seratus persen, dengan alat itu, kami bisa mengejar lebih cepat saat ada wisatawan terseret arus," kata Sunardi, Rabu, 30 Januari 2013.

Awal Januari 2013 lalu, tiga orang tewas terseret ombak karena SAR kesulitan mengejar korban. Tim SAR, yang hanya menggunakan perahu nelayan atau perahu jukung, berkali-kali terhalang dorongan gelombang. "Setelah dua hari, para korban yang hilang baru ditemukan," katanya.

Sunardi mengungkapkan, kebutuhan jet ski ini dinilai realistis mengingat SAR Gunung Kidul paling banyak kawasan pantainya dibandingkan dua kabupaten lain DIY, yakni Bantul dan Kulonprogo. Di Gunung Kidul, lebih dari 10 pantai harus dijaga oleh tak lebih dari 70 personel tim SAR. Peralatan mereka saat ini hanya satu perahu karet.

"Kalau ada setidaknya dua jet ski saja, itu sudah sangat membantu kami," kata Sunardi.
sumber: nasional.tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar